Belajar dari Suku Baduy Tangani Pandemi

PRODUKSI KAIN TENUN BADUY DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Sudah hampir setahun dilanda pandemi, Indonesia masih terus mengalami kenaikan kasus. Per tanggal 29 Januari 2021, kasus positifnya bahkan menyentuh 1, 1 juta kasus. Seluruh provinsi di Pulau Jawa pun menempati posisi 5 teratas dengan total kasus aktif Covid-19 terbanyak dalam seminggu terakhir. Namun yang menariknya, di timur Pulau Jawa terdapat Suku Baduy yang hingga saat ini belum ada masyarakatnya yang dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini dikonfirmasi oleh Petugas Medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cisimeut Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Iton Rustandi (20/1). Melansir dari CNN Indonesia, Iton menyebutkan ini berkat masyarakat Baduy yang mematuhi protokol 3M yaitu selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Kami mengapresiasi warga Baduy dapat mengendalikan Covid-19 itu, ” katanya. Upaya ini diperkuat dengan adanya imbauan tetua adat kepada masyarakat Baduy untuk tidak keluar daerah seperti Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Pasalnya, tiga wilayah tersebut merupakan pusat penyebaran …

Selengkapnya : Belajar dari Suku Baduy Tangani Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *