Potensi Kucuran Dana Otsus Papua Rp 234,6 Triliun Hingga 2041

REALISASI PENERIMAAN PAJAK 2019 MELAMBAT

Pemerintah akan memperpanjang dana Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat hingga 20 tahun ke depan. Porsi dana otsus kedua provinsi tersebut juga bakal naik dari 2% menjadi 2, 25% dari Dana Alokasi Umum sehingga total dana yang akan dikucurkan hingga 2041 berpotensi mencapai Rp 234, 6 triliun. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan keputusan tersebut tertuang dalam revisi Undang-Undang 21 tahun 2001. “Kami harapkan revisi UU ini bisa selesai sebelum kami menyampaikan RUU APBN 2022 ,” ujar Sri Mulyani dalam Rapat Kerja Komite I Dewan Perwakilan Daerah secara virtual, Selasa (26/1).

Perpanjangan dana otsus Papua dan Papua Barat selama 20 tahun ke depan bertujuan untuk memberikan kesempatan kedua provinsi tersebut untuk mengurai permasalahan, mengimplementasikan pola baru tata kelola yang lebih baik, dan mendorong kemandirian daerah melalui penguatan pembinaan serta pengawasan. Selain itu,   dana otsus diharapkan dapat mendanai kebutuhan layanan dasar untuk mempercepat pembangunan dan mencapai tujuan otsus.

Mantan Direktur Pelaksana Bank …

Selengkapnya : Potensi Kucuran Dana Otsus Papua Rp 234,6 Triliun Hingga 2041

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *