Jangan Sampai Ditipu! Ini 5 Tips Melamar Kerja Secara Online

Foto: Gingsul.com

Teknologi.id – Pada era yang serba digital ini, banyak hal yang dilakukan secara online. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan secara online adalah mencari lowongan kerja. Bahkan, mencari lowongan kerja secara online sudah menjadi tren.

Saat ini, banyak perusahaan yang memberikan informasi lowongan kerja melalui situs web resmi perusahaan maupun melalui situs pencari kerja resmi. Namun, seiring dengan banyaknya informasi lowongan kerja, banyak pula penipu yang beraksi dengan memberikan informasi palsu. Agar tidak menjadi korban penipuan, berikut 5 tips melamar kerja secara online. 

1. Perhatikan Informasi Perusahaan

Foto: Tirto.id

Ketika hendak melamar sebuah pekerjaan, pastikan kamu telah memeriksa informasi dari perusahaan tersebut. Jangan sampai perusahaan tersebut merupakan perusahaan “bodong” alias palsu. Cara yang paling mudah adalah dengan mencari nama dan lokasi perusahaan di Google. Biasanya, jika perusahaan tersebut memang resmi dan tidak palsu, akan muncul informasi lokasi kantor dari perusahaan tersebut. Cara yang lain adalah dengan mengecek keaslian perusahaan di media sosial profesional seperti Linkedin. Kebanyakkan, perusahaan terkini memiliki akun resmi di Linkedin yang memuat beberapa informasi terkait perusahaan seperti siapa saja pekerja di perusahaan tersebut. 

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

2. Perhatikan Email Perusahaan

Foto: Alona.co.id

Ketika menerima panggilan interview, perusahaan tidak akan menggunakan email web based seperti Gmail. Perusahaan besar biasanya akan menggunakan alamat email resmi perusahaan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa startup atau usaha kecil masih menggunakan Gmail. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan informasi dari akun atau situs web resmi mereka. 

3. Lamar Pekerjaan dari Website Resmi Perusahaan

Foto: Indozone

Pada umumnya, perusahaan pasti memiliki website resmi untuk membagikan informasi terkait perusahaannya. Informasi-informasi tersebut beragam dan salah satunya termasuk informasi jika perusahaan membuka lowongan kerja. Biasanya, perusahaan akan membagikan informasi tersebut laman khusus berjudul “Career” atau “Karir” pada website resminya. Mencari lowongan kerja melalui situs resmi perusahaan menjadi salah satu cara paling efektif agar tidak tertipu. 

4. Lamar Pekerjaan dari Situs Lowongan Kerja 

Foto: Gaya Tempo.co

Jika perusahaan yang kamu tuju tidak mempunyai laman khusus lowongan kerja di websitenya, kamu dapat mengakses situs lowongan kerja. Saat ini, banyak situs lowongan kerja terpercaya dengan kredibelitas tinggi. Media sosial profesional seperti Linkedin pun juga menyediakan fitur yang menyediakan informasi lowongan kerja. Selain mudah untuk digunakan, biasanya situs tersebut juga mencantumkan informasi terkait perusahaan. 

5. Hindari Memberikan Uang 

Foto: KataIndonesia

Tidak ada perusahaan yang akan memungut biaya atau menarik bayaran dari calon karyawannya. Oleh karena itu, saat di hubungi atau wawancara kamu dimintai sejumlah uang, dapat dipastikan bahwa lowongan pekerjaan tersebut palsu. 

Baca juga: Suzuki XL5 Hanya Beda Tampilan dari Karimun Wagoon R?

Nah, itu dia 5 tips menghindari informasi lowongan kerja palsu. Berhati-hati lah baik saat membaca informasi maupun menerima penawaran pekerjaan. Jangan sampai tertipu dan merugikan diri sendiri, ya!

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *