5 Aplikasi Bisnis UMKM Terbaik, Download di Play Store

Di era digital, bisnis pasti sudah tidak lepas dari teknologi. Termasuk dalam hal penggunaan aplikasi. Nah ternyata ada banyak sekali aplikasi di sekitar kita yang bermanfaat untuk mendukung bisnis UMKM. Termasuk aplikasi Android. Kali ini kita akan bahas deretan aplikasi bisnis UMKM terbaik yang dapat digunakan untuk membesarkan bisnis Anda.

Tak hanya itu, aplikasi ini dapat kita unduh dan gunakan secara gratis. Daripada penasaran, langsung saja inilah 5 aplikasi bisnis UMKM yang perlu Anda coba dan gunakan.

Google Play Store, Solusi Mudah Download Aplikasi

Bagi para pengguna Android, Google Play Store adalah solusi terbaik. Melalui Play Store, kita bisa mengunduh berbagai aplikasi yang kita butuhkan. Baik itu aplikasi untuk hiburan, aplikasi bisnis, dan lain sebagainya. Selain tersedia banyak aplikasi, kebanyakan aplikasi yang ada di Play Store juga bisa kita dapatkan secara gratis. Langsung saja, inilah rekomendasi aplikasi Android terbaik untuk UMKM. 

1. Untuk Komunikasi: Zoom, WhatsApp Business, Google Meet

Kegiatan bisnis pasti tidak dapat dipisahkan dari komunikasi. Nah untuk mendukung komunikasi bisnis, ada berbagai aplikasi yang bisa Anda andalkan. Contohnya:

  • Zoom, untuk keperluan meeting ataupun mengadakan event secara online. Apalagi di tengah kondisi pandemi dan WFH (Work From Home), maka aplikasi seperti Zoom sangat dibutuhkan bagi bisnis Anda. Anda bisa download Zoom langsung dari Play Store. Hingga saat ini, aplikasi Zoom sudah diunduh lebih dari 500 juta kali.
  • WhatsApp Business. Anda juga bisa gunakan WhatsApp Business. Terutama untuk keperluan komunikasi melalui WhatsApp. Akan lebih baik jika bisnis Anda juga punya akun WhatsApp Business.
  • Google Meet. Nah kalau yang ini dapat menjadi alternatif dari Zoom. Google Meet juga bisa digunakan untuk mengadakan meeting secara online ataupun untuk mengadakan acara online lainnya.

2. Untuk Desain Konten Promosi: Canva

Kegiatan promosi pasti tidak lepas dari konten. Apalagi di era digital dan semua serba visual, maka Anda butuh konten-konten promosi yang menarik. Nah salah satu aplikasi yang dapat Anda andalkan untuk membuat konten promosi yang bagus adalah Canva. 

Dengan memakai Canva, tidak harus punya skill desain, Anda/tim akan mampu membuat visual dan konten promosi yang menarik. Jadi, jangan lupa untuk download juga aplikasi Canva.

3. Untuk Promosi: Facebook, Instagram, dan Media Sosial Lainnya

Nah kalau untuk promosi, bisnis UMKM juga bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang tersedia. Menariknya media sosial ini juga menyediakan aplikasi yang bisa kita gunakan. Beberapa contoh aplikasi media sosial yang dapat dipakai untuk mendukung promosi bisnis misalnya:

  • Facebook,
  • Instagram,
  • YouTube,
  • Linkedin,
  • dan berbagai media sosial lainnya.

Tentunya Anda bisa pilih dan gunakan media sosial yang memang sesuai dengan target pasar Anda.

4. Google My Business

Aplikasi lain yang juga penting adalah Google My Business. Nah kalau Google My Business dapat Anda gunakan untuk membuat profil di Google Business. Nantinya, ketika bisnis Anda sudah muncul di Google Business, bisnis Anda akan lebih mudah untuk ditemukan di pencarian Google.

Sebagai bisnis UMKM, tentunya penting sekali agar bisnis Anda juga eksis di pencarian Google. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan.

5. Google Drive

Untuk keperluan kerja dan produktivitas, jangan lupa untuk memanfaatkan Google Drive. Google Drive pada dasarnya adalah platform yang dapat digunakan untuk berbagi file secara online. Namun yang menarik adalah Google Drive ini terintegrasi dengan berbagai produk Google lain, seperti:

  • Google Docs,
  • Google Slides,
  • Google Sheets,
  • Google Forms,
  • dan banyak lagi.

Nah aplikasi-aplikasi yang baru disebut tadi juga dapat diandalkan untuk operasional bisnis Anda. Terutama untuk keperluan dokumen, seperti membuat dokumen, membuat presentasi, membuat laporan, dan sebagainya. Jadi jangan lupa untuk pakai Google Drive juga ya.


Cara Mudah Membeli Aplikasi ataupun Belanja di Play Store

Selain aplikasi yang sudah dibahas, sebenarnya masih ada banyak rekomendasi aplikasi bisnis UMKM lainnya. Termasuk juga untuk aplikasi berbayar. Nah ada kalanya Anda butuh membeli aplikasi di Play Store. Lantas, bagaimana cara membeli aplikasi di Play Store?

Untuk membeli aplikasi di Play Store, Anda bisa gunakan berbagai metode pembayaran. Yang paling umum tentu saja adalah memakai kartu debit/kartu kredit. Namun jika Anda tidak punya kartu kredit, solusi lain Anda bisa pakai kode voucher Google Play.

Nantinya Anda bisa beli voucher Google Play. Selanjutnya voucher tersebut dapat Anda tukarkan di Play Store. Selanjutnya saldo yang sudah tersedia dapat Anda gunakan untuk membeli aplikasi di Play Store.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *