Trik untuk Mencegah Orang Lain Mencuri Wi-Fi Kamu!

 Kalian pastinya tidak ingin tetangga atau orang lain mencuri Wi-Fi milik kalian. Karena jika seseorang dapat terhubung ke jaringan yang sama dengan kalian, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengintip history web dan file yang kalian simpan.

Untungnya, mudah untuk menjauhkan orang-orang yang tidak diinginkan dari Wi-Fi kalian dan tidak memerlukan kualifikasi IT. Nah, inilah hal-hal yang perlu kalian lakukan.

Terus Ubah Kata Sandi

Sejauh ini cara termudah adalah dengan mengubah kata sandi Wi-Fi. Ubah sandi menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dilupakan (untuk kalian) dan tidak mungkin ditebak (untuk orang lain).

Tentu akan sedikit merepotkan karena harus menyambungkan kembali semua perangkat dan komputer kalian. Pilih sesuatu yang penting bagi kalian, seperti tanggal atau nama, tetapi tidak akan terpikirkan oleh orang lain, jadi kalian dapat dengan mudah masuk dan mengamankan Wi-Fi kalian dari orang-orang yang tidak diinginkan.

Baca juga : 5 Website Sumber Cuan untuk Para Freelancer

Periksa Pengaturan Router

Meskipun kalian telah membuka halaman konfigurasi router, beberapa setelan lain layak untuk dilihat. Ubah kata sandi default untuk mengakses halaman pengaturan router ke yang lain agar menghentikan siapa pun yang mungkin mendapatkan akses ke jaringan kalian.

Ketika mengakses pengaturan router untuk pertama kali, kalian memerlukan kata sandi untuk masuk ke menu dan kata sandi terpisah untuk terhubung ke Wi-Fi, jadi mengubah keduanya dapat memberi perlindungan maksimal.

Sebaiknya kalian juga menerapkan pembaruan firmware yang memastikan router kalian menjadi versi terbaru dan aman dari sistem operasi dasarnya sendiri.

Di setelan router, kalian juga dapat memutuskan perangkat tidak dikenal yang berada di perangkat kalian. Sehingga orang-orang tidak dikenal itu secara otomatis tidak dapat menggunakan Wi-Fi kalian lagi.

Terakhir, kalian dapat menemukan setelan yang “menyembunyikan” jaringan kalian dari tampilan. Wi-Fi tidak akan muncul di perangkat orang lain, misalnya saat tetangga atau orang lain datang ke rumah kalian.

Tips Keamanan Lainnya

Jika kalian ingin bantuan tambahan untuk mengetahui siapa yang ada di jaringan kalian, bisa coba menggunakan Fing untuk Android atau iOS, atau Acrylic Wi-Fi untuk Windows. Semua aplikasi itu gratis dan mudah dinavigasi. Berbagai aplikasi lain juga tersedia untuk hal yang sama.

Memasang VPN di komputer tidak menghentikan orang untuk menyambung ke Wi-Fi kalian, tetapi itu menambahkan lapisan enkripsi ekstra antara kalian dan web. Jadi siapa pun yang berhasil mendapatkan akses ke jaringan kalian akan lebih sulit mencoba mengintip aktivitas kalian.

Meskipun VPN mungkin sedikit memperlambat kecepatan koneksi, tetapi hal tersebut membuat kalian jauh lebih aman dalam menggunakan internet.

Baca juga : Bukan iPhone 13, Ini Dia Nama Seri iPhone yang Akan Datang

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *