Beda dengan RI, Efikasi Vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil Hanya 50,4%

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Efikasi vaksin virus corona buatan Sinovac Biotech di Brasil ternyata hanya mencapai 50, 4%. Angka tersebut lebih rendah dari pengumuman efikasi sebelumnya sebesar 78%.

Hal itu pun menimbulkan kekecewaan besar bagi negara tersebut. Apalagi vaksin Sinovac rencananya digunakan dalam program vaksinasi.

Beberapa ilmuwan dan pengamat mengecam pusat biomedis Butantan yang merilis sebagian data beberapa hari yang lalu. Hal itu menghasilkan ekspektasi yang tidak realistis dan menambah keraguan masyarakat terhadap vaksin Sinovac.

Terlebih lagi, vaksin asal Tiongkok telah mendapat kritik langsung dari Presiden Jair Bolsonaro. “Kami memiliki vaksin yang bagus, bukan vaksin terbaik di dunia, bukan vaksin yang ideal, ”kata ahli mikrobiologi Natalia Pasternak seperti dilansir dari Reuters pada Rabu (13/1).

Minggu lalu, para peneliti Brasil merayakan hasil uji klinik vaksin Sinovac yang menunjukkan efikasi hingga 78%. Peneliti pun berharap vaksin tersebut dapat menurunkan jumlah kasus Covid-19 dengan gejala ringan hingga berat. 

Namun, hasil efikasi tersebut ternyata hanya berlaku pada kasus infeksi sangat ringan di antara pada relawan. Hal itu …

Selengkapnya : Beda dengan RI, Efikasi Vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil Hanya 50,4%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *