Siswa SMK Ciptakan Rompi Anti COVID-19 Berteknologi AI

Siswa SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen ciptakan rompi pencegahan COVID-19 yang diberi nama SCPC atau Smart Clothes Prevention Covid-19.

Adalah Laelatul Mukaromah, Risky Fajar Ramadhan, dan Merdi Okuardo dengan guru pendamping Khanif Nasrudin yang menciptakan rompi tersebut untuk diikutsertakan dalam ajang KKSI (Kamp Kreatif SMK Indonesia) bulan Desember tahun 2020 lalu.

Dalam rangka mengikuti kegiatan dengan topik “Artificial Intellegence (AI) untuk Mendukung Protokol Kesehatan Covid 19” ini, tim dari SMK TKMP Kebumen berupaya untuk membuat sebuah perangkat terobosan dalam perangkat keras yang diimplementasikan dalam bentuk pakaian yang disebut dengan SCPC sebagai bentuk pencegahan Covid-19 yang bisa digunakan di mana saja dan oleh siapa saja.

Baca juga: Orang-orang Ini Tidak Boleh Disuntik Vaksin Sinovac

Pembuatan  perangkat ini meliputi berbagai aspek. Diantaranya, pembuatan perangkat
yang dapat digunakan oleh semua orang dan bisa digunakan dimana saja, kapan
saja dengan biaya yang terjangkau, pembuatan
perangkat  yang memanfaatkan input dari
kegiatan dan aktivitas manusia, serta pembuatan perangkat
yang menghasilkan output display dan audio yang dapat dimengerti oleh manusia.

Desain Logo

Tahap awal dalam pembuatan SCPC ini adalah perencanaan desain rompi. Rompi SCPC ini didesain dengan sedemikian rupa dan sesimpel mungkin agar mudah digunakan oleh siapa saja. Setelah desain rompi sudah ditentukan tahap selanjutnya adalah desain rangkaian.

Rompi SCPC ini dilengkapi dengan sensor jarak yang digunakan untuk menjaga jarak antar manusia sebagai implementasi pencegahan Covid-19, yaitu menjaga jarak.

Baca juga: Jangan Langsung Pulang Usai Divaksin COVID-19, Ini Alasannya

Tidak hanya sensor jarak saja, namun rompi ini juga dilengkapi dengan sensor suhu dan kelembapan udara supaya dapat mengetahui suhu tubuh kita. Selain itu terdapat pula fitur alarm peringatan yang didukung dengan audio peringatan yang berfungsi sebagai pengingat untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Melihat kenyataan masyarakat saat ini yang semakin mengacuhkan protokol kesehatan Covid-19, menjadikan latar belakang tim ini dalam menciptakan rompi SCPC. Dengan dibuatnya sebuah terobsan baru ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 serta dapat mengurangi penyebaran virus berbahaya ini.

https://www.youtube.com/watch?v=jHpxAnM5HPM&t=105s

(dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *