4 Peralatan Starter Pack Sekolah Daring di Masa Pandemi

Pandemi yang melanda hampir seluruh wilayah di permukaan bumi ini menyebabkan banyak dampak pada berbagai bidang kehidupan.

Tidak hanya pada bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial namun bidang pendidikan juga mengalami perubahan akibat adanya pandemi ini. Sekolah yang tadinya dilakukan secara normal dengan tatap muka, saat ini terpaksa harus dilakukan dengan cara daring.

Perlu persiapan yang cukup matang untuk memulai sekolah daring ini. Pemilihan aplikasi e-Learning oleh guru yang tepat sasaran dan efisien bagi siswa merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan sekolah daring. Untuk menunjang terselenggaranya sekolah daring dengan lancar, peralatan pendukung lainnya pun perlu dipersiapkan. Inilah 4 peralatan yang perlu dipersiapkan sebagai starter pack sekolah daring di masa pandemi.

Peralatan yang Harus Disiapkan Sebagai Starter Pack Sekolah Daring di Masa Pandemi

1. Gadget 

Foto: Info Gadget Kamu

Pemilihan gadget yang tepat menjadi faktor yang mempengaruhi lancarnya sekolah daring yang kalian lakukan. Terdapat berbagai macam pilihan gadget yang bisa kalian gunakan diantaranya smartphone, ipad, tablet, laptop dan komputer.

Sesuaikan gadget dengan aplikasi e-Learning yang akan kalian gunakan supaya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Kalian yang sering melakukan presentasi online dan video conference menggunakan Zoom, Webex, dan aplikasi sejenisnya, laptop atau komputer menjadi gadget yang tepat untuk dipilih sebagai pendukung sekolah daring.

Sedangkan kalian yang hanya menggunakan WhatsApp dan aplikasi dengan fitur chatting lainnya sebagai penunjang sekolah daring, maka smartphone, tablet, atau ipad bisa menjadi pilihan yang efektif dan efisien. 

Baca Juga : 6 Pengusaha Teknologi Indonesia yang Bersekolah di Harvard

2. Webcam


Foto: Amazon

Sekolah daring tidak hanya sebatas mengerjakan tugas dan membaca e-book yang di bagikan oleh guru saja, seringkali kita juga harus melakukan video conference dalam waktu tertentu.

Kualitas gambar yang jelas dan bagus tentu menjadi kebutuhan utama kita dalam melakukan video conference. Sebagai pelengkap komputer atau laptop yang kita miliki, kita perlu menambahkan webcam untuk menghasilkan gambar yang jelas. Terdapat beberapa jenis webcam yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki, diantaranya wireless webcam dan USB port webcam. 

3. Headphone dan Microphone

Foto: Amazon

Selain gadget dan webcam, headphone menjadi komponen penting dalam menunjang peralatan sekolah daring. Suara yang terdengar jernih tentu akan memudahkan kita dalam memahami pelajaran yang disampaikan.

Sebagai salah satu perangkat pendukung dalam video conference, headphone dan microphone tidak boleh terlewatkan. Sebelum membelinya, kalian perlu mengenali terlebih dahulu jenis-jenis headphones dan microphone yang ada supaya penggunaannya bisa tepat sasaran. Untuk kalian yang suka kepraktisan, headphone wireless bisa menjadi pilihan yang tepat.

In-Ear headphone yang memiliki lapisan pelindung silikon yang nyaman juga dapat dijadikan pilihan sebagai pelengkap perangkat sekolah daring kalian.

Baca Juga : 5 Aplikasi Jualan Online Bagi Pemula, Dijamin Laris !

4.Lighting

Foto: Jakarta Note Book

Pencahayaan yang bagus akan mempengaruhi kualitas gambar maupun video yang dihasilkan. Bagi kalian yang di rumah tidak memiliki pencahayaan yang memadai, perangkat lighting bisa dijadikan komponen pendukung dalam sekolah daring kalian.

Tidak perlu menggunakan lighting profesional seperti yang digunakan oleh para fotografer, cukup dengan menggunakan ring light yang biasa digunakan oleh para makeup atau beuty vlogger, kita bisa menghasilkan video conference yang memiliki pencahayaan bagus. Berbagai macam ring light bisa kalian temukan dengan berbagai harga dan merknya di marketplace favorit kalian.

(dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *