Selain Ekspor akan Naik, Perjanjian RCEP Potensi Meningkatkan Impor

Iman Pambagyo

Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dalam berbagai tatanan kehidupan, termasuk dalam kegiatan di forum internasional.  Lewat diskusi dan negosiasi virtual, beberapa perjanjian kerja sama internasional berhasil disepakati sepanjang 2020.

Pada penghujung 2020,   Indonesia meneken dua perjanjian perdagangan yang penting. Pertama, Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang melibatkan Australia, Brunei, Kamboja, Tiongkok, Jepang, Laos, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, and Vietnam ditandatangani pada 15 November 2020.

Kedua, Indonesia–Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) ditandatangani pada 18 Desember 2020. Selain itu, Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang ditandatangani pada 4 Maret 2019 mulai berlaku pada 5 Juli 2020.

Kepada Katadata.co.id, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo, memaparkan berbagai tantangan yang dihadapi dalam perundingan tersebut hingga realisasi berbagai perjanjian internasional. Dia juga  mengungkapkan bagaimana rencana pemerintah menjalin kerja sama dengan negara lain untuk memperluas pasar ekspor tahun ini. Berikut kutipannya:

Dua perjanjian …

Selengkapnya : Selain Ekspor akan Naik, Perjanjian RCEP Potensi Meningkatkan Impor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *