Jelang Lengser, Trump Sasar Alibaba dan Tencent dalam Daftar Hitam

GLOBAL-POY/2020

Memasuki hari-hari terakhirnya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump masih melanjutkan perangnya terhadap perusahaan-perusahaan teknologi Tiongkok. Ia kini dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk memasukkan Alibaba dan Tencent dalam daftar hitam investasi.

Mengutip Reuters, apabila kedua raksasa teknologi asal Tiongkok itu benar-benar masuk daftar hitam, maka investor AS tidak akan bisa membeli saham Alibaba dan Tencent mulai November 2021.

Pejabat Departemen Pertahanan ASĀ  yang berwenang dalam penetapan daftar hitam belum bisa menuruti rencana Trump. “Mereka saat ini sedang membahas penambahan perusahaan Tiongkok lainnya ke dalam daftar, ” kata sumber Reuters pada Kamis (7/1).

Beberapa kalangan juga meragukan tindakan Trump itu. Sebab, Alibaba dan Tencent cukup berpengaruh sebagai perusahaan teknologi global. Terlebih, apabila langkah ini dilakukan, maka akan menyulut ketegangan antara AS dan Tiongkok pada masa jabatan presiden pengganti Trump, yakni Joe Biden. Sementara, pelantikan Biden rencananya akan digelar pada 20 Januari 2020.

Beberapa investor juga menyatakan keraguannya terkait dengan …

Selengkapnya : Jelang Lengser, Trump Sasar Alibaba dan Tencent dalam Daftar Hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *