TV Terbaru Samsung Dapat Beradaptasi dengan Cahaya

Foto: Leiria Economica

Teknologi.id – Samsung mengeluarkan produk terbarunya, yaitu TV yang dilengkapi dengan teknologi HDR10 +. HDR10+ yang memiliki sifat adaptif adalah fitur baru dengan standar dinamis tinggi yang akan mengoptimalkan kualitas gambar TV berdasarkan tingkat kecerahan ruangan (31/12/20).

Konten HDR biasanya dirancang untuk tampil terbaik di ruangan gelap dengan cahaya yang seminim mungkin, tetapi fitur baru ini menggunakan sensor cahaya TV untuk bereaksi terhadap lingkungan terang dan menyesuaikan kualitas gambarnya.

Samsung mengatakan fitur tersebut akan diluncurkan secara global dengan produk QLED TV. HDR10 + bukanlah standar HDR pertama yang memperkenalkan fitur semacam itu.

Dolby mengumumkan bahwa Dolby Vision IQ, fitur baru untuk standar HDR-nya sendiri yang juga menjanjikan untuk mengoptimalkan konten HDR di ruang TV. Fitur tersebut kemudian muncul di TV tertentu dari LG dan Panasonic.

Baca juga: Wow! Kulkas Terbaru LG Bisa Dibuka dengan Perintah Suara

Samsung mencatat bahwa HDR10 + Adaptive akan berfungsi dengan Mode Pembuat Film (Movie Maker), pengaturan tampilan yang diluncurkan tahun lalu untuk mematikan efek pasca-pemrosesan seperti perataan gerakan agar konten yang ditampilkan akurat. 

Dibandingkan dengan Dolby Vision, standar HDR10 + tidak didukung secara luas oleh layanan streaming. Namun, ia mendapat dukungan dari Samsung, produsen TV terbesar di dunia, dan Amazon melalui layanan streaming Amazon Prime Video-nya.

Hal ini bukanlah sebuah kebetulan ketika dua perusahaan yang mengumumkan standar tersebut lebih dari tiga tahun lalu. Sementara itu, Dolby Vision didukung di TV dari produsen seperti LG dan Sony. Konten yang mendukung standar tersebut dapat ditemukan di layanan streaming seperti Netflix dan Disney Plus.

Samsung mengatakan TV QLED yang akan datang akan mendukung HDR10 + Adaptive, tetapi belum jelas apakah TV perusahaan yang ada akan diperbarui dengan fitur baru.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *