Amazon Akuisisi Wondery, Bakal Saingi Spotify?

 Wondery, salah satu jaringan podcast independen dikabarkan akan segera dimiliki oleh Amazon.

Perusahaan mengumumkan kesepakatan akuisisi tersebut hari ini, mengakhiri spekulasi tentang siapa yang pada akhirnya akan membeli jaringan tersebut. Selain Amazon, Apple dan Sony juga dilaporkan telah membahas kemungkinan pengakuisisian.

Amazon tidak mengungkapkan berapa harga yang dibayarkannya untuk mengakuisisi Wondery, meskipun laporan sebelumnya dari Bloomberg dan The Wall Street Journal menyebutkan nilai Wondery setidaknya berkisar di nilai USD 300 juta.

Baca juga: Google Hilangkan Astrophotography di Pixel 5 dan Pixel 4a 5G

Secara teknis, Wondery akan menjadi bagian dari Amazon Music, yang meluncurkan dukungan podcast pada September tahun ini.

CEO Wondery, Hernan Lopez akan mundur dan meninggalkan perusahaan ketika kesepakatan ditutup, dan COO Jen Sargent akan mengambil alih posisi tersebut, dilansir dari reporter Wall Street Journal, Ben Mullin.

Akuisisi ini penting, karena ini artinya Amazon bisa bersaing lebih baik dengan Spotify yang telah memperoleh jaringan dan podcast eksklusif selama lebih dari setahun.

Baca juga: Aturtoko Solusi Omnichannel di Startup4Industry Kemenperin

Amazon mengatakan kesepakatannya dengan Wondery tidak mengubah acara yang sudah ada dan masih akan tersedia pada berbagai platform.

Namun, Amazon berharap dengan membeli Wondery akan mempercepat pertumbuhan dan evolusi podcast dengan menghadirkan pembuat, pembawa acara, dan pengalaman yang imersif ke lebih banyak pendengar di seluruh dunia.

Amazon Music kemungkinan akan mempromosikan podcast yang ada pada Wondery ketimbang program lain dan mungkin akan mengeluarkan lebih banyak modal untuk pemasaran, terutama secara global.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *