6 Cara untuk Membangun Leads Bagi Bisnis Anda

Salah satu elemen penting dalam dunia digital marketing adalah leads. Leads bisa diartikan sebagai sekumpulan orang yang tertarik untuk menggunakan jasa atau produk yang anda tawarkan. Leads ini bisa menjadi calon pelanggan potensial yang siap membeli produk anda. 

Memaksimalkan leads untuk penjualan merupakan hal yang sangat mungkin dilakukan. Biasanya mereka yang menjadi leads ini sudah menunjukan ketertarikan pada produk kita dengan cara mengisi form, memberikan respon survey, atau mendownload newsletter. 

Dengan cara ini anda lebih mudah untuk menentukan demografi konsumen bisnis anda. Setidaknya ada banyak cara untuk anda mendapatkan leads ini. Semakin banyak leads yang anda punya maka kesempatan anda untuk memaksimalkan leads untuk penjualan semakin tinggi. Beberapa cara untuk mendapatkan leads diantaranya adalah:

1. Menyediakan Landing Page

Ini mungkin cara paling umum untuk mengumpulkan leads. Membuat landing page masih dianggap sebagai cara paling efisien mengumpulkan leads. Biasanya di dalam landing page ini terdapat informasi tentang produk yang ditawarkan. 

Dengan menggunakan landing page, maka Anda bisa mengumpulkan leads dengan mudah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengenalkan produk Anda dengan lebih baik dengan bantuan landing page.

2. Membuat Konten Berbayar 

Jika anda memiiki pelanggan yang setia maka anda bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan leads. Membuat konten berbayar atau premium merupakan salah satu cara yang kini sering digunakan untuk mendapatkan leads.

Cara ini memang hanya akan berhasil jika konten anda memiliki daya tarik lebih. Seperti memberikan informasi yang lebih baik atau memberikan akses lebih. Namun menggunakan cara ini maka anda akan mendapat leads yang lebih spesifik.

Hanya mereka yang sesuai dengan target pasar anda lah yang akan mau membayar untuk konten premium ini. Menggunakan cara ini juga berarti anda akan mendapatkan leads yang sesuai dengan pasar anda. 

3. Membuat Konten Gratis 

Jika anda belum memiliki pelanggan setia dan masih meraba – raba siapa yang akan menjadi pelanggan anda. Maka cara mendapatkan leads ini bisa anda coba. Kebanyakan dari para leads mungkin sudah tertarik tapi masih ragu untuk membeli.

Nah, Anda bisa memberikan mereka layanan uji coba secara gratis. Bisa dalam bentuk free trial atau gratis berlangganan dalam waktu tertentu. Cara ini bisa membantu memaksimalkan leads untuk penjualan. 

4. Memberikan Opsi Berlangganan 

Untuk anda yang memiliki web dengan konten apapun, maka opsi ini bisa menjadi cara untuk mendapatkan leads dengan mudah. Cara nya adalah dengan memberikan opsi berlangganan bagi para pengunjung anda. Pengunjung akan mendapatkan hal yang lebih menarik dan lebih update daripada tidak berlangganan dan anda akan mendapatkan kontak dari para leads anda. 

5. Membuat Event 

Entah bersifat online ataupun offline, membuat sebuah event masih menjadi cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan leads. Dengan cara ini juga anda bisa langsung memaksimalkan leads untuk penjualan. Mereka yang hadir ke event itu sudah hampir pasti menjadi leads. Apalagi jika event yang dibuat adalah event berbayar. 

6. Memberikan Kuis dan Hadiah Menarik 

Ini juga salah satu cara konvensional yang masih efektif digunakan sampai sekarang untuk mendapatkan leads. Untuk mengikuti kuis dan menadapat hadiah, para calon pelanggan tentu harus meninggalkan data diri.

Inilah mengapa meskipun cara ini konvensional namun tetap efektif mendapatkan leads dengan mudah. Dengan sedikit modifikasi agar sesuai zaman, maka cara konvensional ini akan menjadi lebih efektif lagi. 

Itulah beberapa cara yang bisa anda dapatkan untuk mendapatkan leads. Semakin banyak leads yang anda dapatkan maka kemungkinan anda bisa memaksimalkan leads untuk penjualan menjadi semakin besar.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *