Pertamina Latih Warga Manfaatkan Minyak Jelantah Menjadi Lilin

Pertamina

Balikpapan – Program pemberdayaan masyarakat melalui minyak jelantah untuk melestarikan lingkungan dilakukan melalui pelatihan pembuatan lilin bertempat di Kampung Atas Air, Kelurahan Margasari (Sabtu, 26/12).

Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth MV Dumatubun mengatakan bahwa program ini melibatkan kelompok masyarakat yang diberi nama Mariojela. “Mariojela ini sendiri merupakan singkatan dari Margasari Olah jalantah, ” ujarnya.

Pelatihan, kata Roberth, direncanakan diikuti oleh 16 RT di Kelurahan Margasari. Terkait dengan protokol kesehatan, maka pelatihan akan dibagi ke dalam delapan gelombang yang akan diikuti oleh 5-7 orang peserta setiap pelatihannya. “Setelah pelatihan pembuatan lilin, nantinya kelompok akan diajarkan juga metode pemasarannya, ” katanya.

Robert menjelaskan program ini diawali dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat karena ditemuinya kebiasaan masyarakat yang membuang minyak jelantah ke perairan. Karena terhubung langsung dengan laut, maka minyak jelantah ini turut mencemari lingkungan.

Program pemberdayaan masyarakat

Program pemberdayaan masyarakat (Katadata)

Selengkapnya : Pertamina Latih Warga Manfaatkan Minyak Jelantah Menjadi Lilin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *