Trenggalek Dinobatkan Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

  Jum’at (18/12) – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menobatkan Kabupaten Trenggalek sebagai kabupaten sangat inovatif dalam penghargaan Inovative Goverment Award (IGA) tahun 2020. Penghargaan IGA 2020 itu sendiri diterima langsung oleh  Bupati Trenggalek, Moch Nur Arifin, di Ballroom Hotel Pangeran Jalan Gatot Subroto Jakarta.

Penghargaan IGA merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemendagri kepada pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota sebagai apresiasi atas inovasi yang dilakukan.

Penghargaan yang digelar setiap tahun ini juga ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat.

Bupati Arifin mengungkapkan jika ini merupakan kerja keras bersama dan mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya.

“Sejak 2 tahun lalu kita menggelar Trenggalek Innovation Fest dan sejak saat itu banyak inovasi yang bisa kita laksanakan dan kemudian juga ini masuk di Kemendagri. Jadi, ini penghargaan yang sangat prestisius yang didapatkan Trenggalek dan saya mengucapkan selamat kepada seluruh OPD,” ujarnya.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya,” lanjut pemimpin muda ini.

Baca Juga: Fakta Video Viral Dinosaurus Turun dari Truk di Magetan

Sesuai dengan undang undang nomor 23 Pemkab dan Pemkot wajib melaporkan setiap inovasi kepada Kemendagri. Kemudian, Kemendagri akan melihat aspek-aspek seperti pembaruan, manfaat untuk masyarakat, efektivitas, penghematan anggran dan yang lainnya. Semua ini kemudian dinilai menjadi beberapa kategori dan Trenggalek berhasil mendapatkan kategori sangat inovatif.

Kabupaten Trenggalek termasuk cukup produktif melahirkan inovasi. Tercatat ada 32 inovasi sejak tahun 2017 ditambah 7 inovasi kebiasaan baru di situasi pandemi COVID-19 yang meraih 3 kategori terbaik nasional. 

“Kedepannya kalau ingin pendapatannya tinggi, ya harus memuaskan masyarakat. Sedangkan, kalau mau memuaskan masyarakat, dimana caranya nanti setiap OPD harus berinovasi.

Jadi ini akan berkesinambungan, sehingga nanti global index innovation kita bisa terus tambah angkanya dan kita bisa mempertahankan kategori kabupaten sangat inovatif ini,” tandas pria yang juga akrab disapa sebagai Gus Ipin.

Baca Juga: Instagram Dilaporkan Tumbang, Netizen Curhat di Twitter

Pada saat penyerahan penghargaan ini, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, Dr. Drs. A. Fatoni, M. Si., berpesan kepada pemerintah daerah agar inovasi selalu ada dalam setiap nafas pemerintahan.

“Untuk itu, inovasi sudah sepantasnya menjadi visi misi pemerintah daerah dan selaras dengan moto Indonesia Maju,” ucapnya. Selebihya, beliau mengatakan bahwa inovasi juga bisa digunakan untuk memangkas prosedur. Sehingga, dapat menghemat biaya dan dapat mewujudkan pelayanan masyarakat yang optimal.

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *