Samsung Pecahkan Rekor Pengiriman Terbanyak di Q3 2020

Counterpoint Research merilis laporan terkait pasar merek-merek smartphone global di kuartal ketiga (Q3) tahun 2020 beberapa hari yang lalu. Kini, oleh perusahan tersebut laporan itu dituangkan dalam bentuk infografis yang menggambarkan kondisi dunia smartphone pada kuartal ketiga.

Baca Juga: Pre-order iPhone 12 di RI Dibuka Hari Ini, Yuk Cek Harganya!

Berdasarkan laporan firma riset yang berpusat di Hong Kong itu, pengiriman pada kuartal ketiga 2020 dalam pasar smartphone global (Global Smartphone Market) mengalami penurunan sebesar 4% year-on-year (YoY), tetapi terdapat kenaikan 32% quarter-on-quarter (QoQ). Secara keseluruhan, seluruh pasar telah mengirimkan 366 juta unit. 

Foto: Gizmochina

Pada skala pasar regional, pasar smartphone India melampaui capaian yang diraih jauh sebelum COVID-19 terjadi. Pada periode ini, pengiriman dari pasar India sendiri mencapai 53 juta unit dan mengalami kenaikan masing-masing 9% YoY dan 188% QoQ.

Dari segi brand, Samsung menjadi brand yang tidak hanya memimpin Global Smartphone Market, tetapi juga memimpin tiga dari lima pasar regional besar yaitu Eropa, LATAM (Latin America/Amerika Latin), dan MEA (Middle East/Timur Tengah dan Afrika). Di sisi lain, Huawei meraih peringkat pertama di Asia, sedangkan Apple merajai pasar Amerika Utara. 

Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu meraih posisi ini karena pengirimannya mencapai 80.4 juta unit. Faktanya, angka tersebut menjadi pencapaian tertinggi perusahaan ini dalam 3 tahun terakhir Hasilnya, firma riset ini melihat adanya kenaikan pada YoY dan QoQ masing-masing 3% dan 48%.

Foto: Gizmochina

Lebih lanjut, Xiaomi berhasil menduduki posisi 5 teratas di tiga wilayah. Untuk pertama kalinya, produsen ponsel asal Cina ini juga berhasil menyalip Apple dan masuk ke posisi ketiga dalam jajaran Global Smartphone Market dengan 13% saham dan pertumbuhan QoQ sebesar 75%.

Selain itu, Realme yang tumbuh sebesar 132% dalam QoQ kuartal ketiga, berhasil mencapai 50 juta pengiriman. Oleh karena itu, brand ini berhasil menjadi world’s fastest-growing smartphone brand.

Baca Juga: Samsung Galaxy S21 Akan Rilis Januari 2021

Tak ketinggalan, pengiriman dari Apple mengalami penurunan sebesar 7% YoY di kuartal ketiga 2020. Hal ini disebabkan penundaan peluncuran lini iPhone 12 ke kuartal keempat (Q4) tahun ini.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *