Peneliti Kembangkan Charger Anti-Laser dengan Metode CPA

Foto : Gizmochina

Teknologi.id – Bukan rahasia lagi jika memang dunia teknologi tengah berkembang pesat. Teknologi pengisian daya untuk smartphone semakin membaik seiring berjalannya waktu dan beberapa perusahaan telah memperkenalkan teknologi pengisian nirkabel super cepat. Sejalan dengan perkembangan tersebut, inovasi-inovasi lainnya terus dikembangkan untuk menciptakan model pengisi daya yang efektif.

Para ilmuwan dikabarkan sedang mengembangkan perangkat baru bernama “anti-laser” yang diklaim mampu memancarkan energi dengan sempurna ke seluruh ruangan. Energi pancaran tak terlihat ini dapat memberi daya pada ponsel atau laptop di seluruh ruangan tanpa mencolokkannya. Hal ini merupakan ide perancangan alat pengisi daya yang luar biasa.

Baca Juga : Samsung Umumkan Galaxy A12 & Galaxy A02S, Ini Spesifikasinya

Mirip dengan bagaimana laser memancarkan partikel cahaya atau foton satu per satu secara berurutan, perangkat anti-laser ini kelak akan bekerja persis kebalikan dari itu. Teknologi ini menerapkan penyedotan foton satu demi satu dalam urutan terbalik.

Dalam demonstrasi teknologi ini, dikutip dari Gizmochina, para ilmuwan memamerkan penerima anti-laser yang mampu menerima sekitar 99,996 persen dari daya yang dikirim, bahkan selama situasi seperti elektronik bergerak, adanya objek penghalang, dan banyak lagi.

Metode yang akan digunakan dalam perangkat tersebut dikenalkan sebagai Coherent Perfect Absorption (CPA). Metode ini hanya menggunakan satu mesin untuk mengirim daya dan mesin lain untuk menerimanya. Namun, ada satu batasan utama untuk metode ini. Perangkat membutuhkan simetri pembalikan waktu yang hanya terjadi dalam sistem tanpa banyak entropi. Metode CPA tersebut akan membutuhkan medan magnet untuk berdesak-desakan dengan sangat agresif sehingga simetri pembalikan waktu tersebut dapat hilang.

Jika perangkat ini nantinya benar-benar terwujud di masa depan, maka akan sangat bermanfaat sekali. Bisa dibayangkan jika nantinya beberapa tempat seperti di dalam perkantoran, sekolah, dan area lainnya menggunakan metode ini. Semua perangkat yang tengah digunakan di area yang mungkin terpisah-pisah, dapat di-charge hanya menggunakan satu perangkat pengisi daya anti-laser. Tentunya, akan sangat efektif serta menghindari banyaknya kabel dan port pengisi daya di dalam ruangan. Inovasi yang hebat sekali ya!

Baca Juga : Pendiri Telegram Prediksi iPhone Bakal Ditinggal Pengguna

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *