Efektivitas Vaksin Corona Pfizer dan Moderna 95%, Bagaimana Uji di RI?

Edsus Covid-19

Raksasa farmasi, Pfizer Inc dan BioNTech, menyatakan vaksin buatannya efektif mencegah Covid-19 hingga 95%. Perusahaan itu pun berusaha mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat (FDA).

Sedangkan perkembangan vaksin di Indonesia belum mampu menghasilkan analisa efektivitas vaksin. Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan pengembangan vaksin Sinovac di Indonesia telah memasuki tahap uji klinis di Bandung sejak 11 Agustus 2020.

Hingga 13 November, kata Honesti, sebanyak 1620 relawan telah mendapatkan suntikan vaksin pertama. Kemudian, 163 relawan mendapatkan suntikan kedua. 

“Sampai hari ini belum ada kejadian serius yang membuat uji klinis dihentikan. Dengan dukungan semua pihak, kami harap uji klinis selesai, ” ujar Honesti dalam konferensi pers virtual pada Kamis (19/11).

Selain itu, 1563 relawan telah diambil darahnya untuk uji imunogenitas oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Proses tersebut sebenarnya membutuhkan waktu selama enam bulan. Itu berarti uji klinis dapat rampung pada Mei 2021. 

Namun, Bio Farma akan berusaha melaporkan uji klinis tahap ketiga …

Selengkapnya : Efektivitas Vaksin Corona Pfizer dan Moderna 95%, Bagaimana Uji di RI?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *