Vanish Mode Instagram Bisa Hilangkan DM Setelah Dibaca

 Sebuah pembaruan baru dilakukan Facebook kepada fitur Instagram, yakni fitur yang bisa menghilangkan pesan setelah penerima membacanya. Fitur tersebut dinamai dengan Vanish Mode.

Baca Juga: Kasihan, Warga China Ini Dihukum Karena Pakai Medsos Asing

Fitur terbaru dari Instagram ini memberikan layanan kepada pengguna jika hendak mengirim pesan dan ingin langsung menghilangkannya. Tentu, pesan yang nanti menggunakan Vanish Mode akan hilang otomatis ketika penerima sudah membaca dan pengirim sudah meninggalkan ruang obrolan.

Vanish Mode ini nantinya akan rilis secara bertahap untuk pengguna Messenger dan Instagram di seluruh dunia. Messenger akan mendapatkan pembaruan dengan fitur ini pertama kali nantinya, kemudian disusul untuk pembaruan aplikasi Instagram. Wilayah yang akan lebih dulu merasakan fitur ini adalah Amerika Serikat.

Lagi-lagi, Facebook mengadopsi fitur ini dari aplikasi Snapchat. Sebelumnya juga, Facebook meniru fitur Story Snapchat, di mana aplikasi ini telah lebih dahulu dan lebih lama memiliki fitur Story dan pesan yang otomatis menghilang.

Pengguna nantinya bisa menggunakan fitur ini dengan mudah. Cukup dengan men-swipe layar ponsel ke atas, seketika akan muncul laman chat dengan warna hitam, menandakan pengguna memasuki ruang chat Vanish Mode. Jika mau keluar dari lama chat tersebut, pengguna cukup menekan opsi keluar atau bisa dengan kembali men-swipe layar ponsel ke atas.

Kehadiran Vanish Mode diperuntukkan bagi pengguna yang ingin mengirim pesan rahasia kepada pengguna lain. Fitur ini juga mendeteksi jika penerima melakukan screenshot (tangkapan layar) dari pesan yang ia dapat. Tentu, hal tersebut tidak bisa dilakukan karena fitur ini menggunakan pengamanan tertentu.

Dilansir dari The Next Web, Jumat (13/11), Vanish Mode dilengkapi dengan keamanan enkripsi end-to-end. Pengguna bisa mengatur fitur ini dengan rentang waktu tertentu, tergantung seberapa lama pesan bisa dilihat.

Baca Juga: Viral, Sejumlah Pemuda Borong Flash Sale Pakai Bot

Dari keterangan Facebook, jika terdeteksi penyalahgunaan Vanish Mode, pengguna bisa melaporkan ketidaknyamanan tersebut. Namun, belum pasti bagaimana cara Facebook meninjau kasus penyalahgunaan tersebut jika percakapan terjadi pada laman Vanish Mode.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *