MediaTek Kenalkan Dimensity 700, Chipset 5G Berukuran 7nm

 Perusahaan semikonduktor Taiwan, MediaTek, telah mengumumkan chipset seluler baru mereka pada hari Selasa kemarin (10/11) di acara puncak tahunannya. Terkonfirmasi bahwa sebutan resmi untuk chipset tersebut adalah Dimensity 700 dan jenis tersebut termasuk dalam keluarga chipset seluler 5G.

Lembar spesifikasi untuk prosesor tersebut mengatakan bahwa Dimensity 700 adalah chipset octa-core berukuran 7nm dengan pengaturan inti CPU 2 + 6. Dimensity 700 memiliki 2x inti Cortex-A76 yang didukung oleh clock 2.2GHz dan 6x Cortex-A55 core dengan clock 2.0GHz. GPU-nya sendiri mengusung Mali-G57 MC2 dengan clock 950MHz.

Baca Juga : Batman vs Iron Man: Perbandingan Teknologi Antar Miliarder

Chipset ini memiliki 5G-CA (2CC), sebuah dukungan untuk mode Dual SIM 5G (Dual SIM Dual Standby), SA dan NSA, serta MediaTek 5G UltraSave. Fitur lain yang tersedia, yakni termasuk dukungan untuk penyimpanan dua jalur UFS 2.2, refresh rate hingga 90Hz, resolusi hingga 2520 x 1080, kamera hingga 64MP, real-time bokeh dalam potrait previews, dan peningkatan bidikan malam hari. Chipset ini juga disokong dengan asisten suara ganda, dukungan untuk GPS frekuensi ganda, NavIC India, dan Bluetooth 5.1.

“Dengan portofolio yang lebih luas, kami hadirkan kemampuan 5G ke setiap tingkatan smartphone sehingga lebih banyak orang dapat menikmati pengalaman 5G,” kata Dr. JC Hsu selaku Corporate Vice President & General Manager Wireless Communications Business Unit MediaTek.

Berdasarkan keterangan tersebut, diharapkan jika chipset ini mampu menjangkau lebih banyak ponsel 5G dengan harga di bawah $ 250 (Rp 3,5 jutaan). MediaTek Dimensity 700 diperkirakan akan meluncur secepatnya pada tahun depan.

MediaTek sendiri awalnya merupakan unit dari United Microelectronics Corporation (UMC) yang bertugas untuk merancang chipset bagi produk hiburan rumah. Hingga MediaTek Inc. terdaftar di Bursa Efek Taiwan (TSEC) dengan kode “2454” pada tanggal 23 Juli 2001.

Perusahaan tersebut mulai merancang chipset untuk drive optik dan kemudian berkembang menjadi chip untuk pemutar DVD, TV digital, ponsel, smartphone, dan tablet. Secara umum, MediaTek memiliki catatan kuat dalam memperoleh pangsa pasar dan menjadi salah satu pesaing berat setelah memasuki pasar.

Baca Juga : Film dan Serial TV Mengenai Mesin Waktu

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *