Analisis Roy Suryo soal Video Dewasa Mirip Gisel, Oh Ternyata

JPNN.com, JAKARTA – Penggalan video adegan dewasa mirip artis Gisella Anastasia atau yang akrab dipanggil Gisel, tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Gisel sendiri sudah membantah perempuan di video tersebut adalah dirinya.

Menanggapi fenomena itu, Pakar Telematika Roy Suryo pun memiliki trik sendiri untuk mendeteksi pelaku dalam video itu, Gisel atau orang lain.

“Namun intinya untuk menguji keaslian foto atau video, kami menggunakan software face comparator, membandingkan secara matrix bagian per bagian dari wajah di video atau foto dengan sample asli dari subject,” ungkap Roy Suryo, Minggu, (8/10)

Menurut Roy, perbandingan tersebut akan menemukan sampai prosentase berapa persen dan sekaligus juga bisa diuji dengan metode mixed antardua wajah yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kata Roy Suryo, dalam menyikapi masalah ini, yang belum tentu kebenarannnya, harus mengedepankan praduga tidak bersalah.

“Dalam kasus video 19 detik mirip artis GA (Gisella Anastasia) saya tetap imbau kedepankan asas praduga tidak bersalah. Apalagi UU Indonesia hanya bisa menjerat penyebarnya, bukan pelakunya, sesuai UU ITE No. 19/2016 pengganti UU Nomor 11/2008,” kata mantan anggota DPR dari Partai Demokrat itu.

Hanya saja, lanjut Roy Suryo, video tersebut bukanlah video komersial yang biasanya diambil atau direkam oleh pihak ketiga. 

Bahkan video syur mirip artis Gisel ini secara sadar direkam sendiri oleh salah satu pemeran atau pelaku video tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *