Presentase Angka Kematian Akibat Covid-19 Lebih Tinggi Dari Angka Nasional, Bupati Siapkan Strategi Baru

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Meski Zona kabupaten Situbondo kembali turun ke Zona kuning, tapi angka kematian akibat Covid-19 diKabupaten Situbondo masih lebih tinggi dibanding rata-rata kematian secara Nasional. Jumat 6/11/2020.

Tingginya angka kematian akibat covid-19 di kabupaten Situbondo yang mencapai 9,1% membuat Bupati Situbondo H.Dadang Wigiarto membahasnya dalam rapat evaluasi dengan jajaran Satgas penanganan Covid-19 kabupaten Situbondo

Berulang kali Bupati dua periode tersebut meminta Satgas Covid-19 menjalankan berbagai strategi dan menekankan pentingnya upaya menekan angka kematian akibat Covid-19.

“Laporan penangan dan tingkat kesembuhan oleh tim medis di rumah sakit rujukan yang ada di Situbondo ini harus segera dilaporkan jangan menunda,”Pinta Bupati.

Selain itu Bupati meminta Puskesmas atau rumah sakit yang bukan rujukan agar secepatnya mengirim hasil swab kelaboratorium apabila ditemukan pasien dengan tanda – tanda terpapar Covid-19.

“Semua aturan yang memperlambat segera di pangkas, agar angka kematian dan angka penyebaran virus ini bisa di tekan, bahkan mengenai riwayat pasienpun harus jajaran kecamatan dan desa segera menginformasikan ke petugas medis,”Tambah Bupati.

Kapolres Situbondo AKBP Ach.imam Rifa’i.SH.S.I.K..M.PIT,M.ISS meminta grup Whatsapp yang sudah ada agar digunakan semaksimal mungkin berkaitan dengan informasi pasien.

“Setiap kecamatan kita ada Polsek dan setiap desa juga Bhabinkamtibmas, yang siap membantu informasi lengkap pasien, selain itu jika sudah diketahui daerah yang masuk zone merah, operasi yustisi di fokuskan diwilayah tersebut,”Kata Kapolres.

Sementara Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina mengusulkan agar Satgas Penangan Covid -19 Kabupaten Situbondo melibatkan MUI dan Kyai – Kyai se-Situbondo.

“Dari pengalaman yang ada saat dilapangan, petugas kita sering kesulitan saat ada pemakaman, tetapi jika di situ kita bawa tokoh agama atau Kyai setempat urusannya selesai, alangkah baiknya kearifan lokal seperti ini juga kita gunakan sebagai strategi di lapangan,”Singkat Dandim Neggy.

Data terbaru pantauan Covid-19 di Kabupaten Situbondo tanggal 5 November 2020 terdapat 740 orang positif, 602 pasien dinyatakan sembuh, menjanai perawatan 74 orang dan meninggal sebanyak 64 orrang akibat Covid-19.

Diakhir rapat evaluasi, Kepala puskesmas, tiga RSUD dan bebrapa Rumah sakit swasta menandatangani komitmen bersama dalam penanganan dan percepatan Covid-19 di kabupaten Situbondo.

The post Presentase Angka Kematian Akibat Covid-19 Lebih Tinggi Dari Angka Nasional, Bupati Siapkan Strategi Baru appeared first on BeritaNasional.ID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *