RI Resesi, Istana Sebut Pemulihan Ekonomi Telah Berjalan

jokowi

Perekonomian Indonesia resmi masuk ke jurang resesi setelah Badan Pusat Statistik mengumumkan pertumbuhan ekonomi negatif pada kuartal ketiga tahun ini. Namun, Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta menilai kebijakan Presiden Joko Widodo terbukti memulihkan perekonomian nasional.

Hal ini ditunjukkan dengan capaian pertumbuhan ekonomi pada triwulan III 2020 yang lebih baik dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Belanja pemerintah dinilai cukup menjadi penyeimbang lemahnya sektor konsumsi masyarakat dan investasi.

“Arahan Presiden Jokowi yang terus-menerus terhadap para menteri untuk mengefektifkan anggaran terbukti mampu memulihkan perekonomian, ” kata Arif seperti dikutip dari keterangannya, Kamis (5/11).

Sebagaimana diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III 2020 terkontraksi 3, 49% secara tahunan, lebih baik daripada triwulan sebelumnya yang minus 5, 32% secara tahunan. 

Berikut gambarannya di Databoks:

Kontraksi terjadi pada seluruh komponen, kecuali pada konsumsi pemerintah. Belanja pemerintah menjadi satu-satunya komponen yang tumbuh secara tahunan mencapai 9, …

Selengkapnya : RI Resesi, Istana Sebut Pemulihan Ekonomi Telah Berjalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *