Ekonomi Jakarta Resesi, Tingkat Pengangguran Paling Tinggi di RI

PREDIKSI PERTUMBUHAN EKONOMI KUARTAL II NEGATIF

Badan Pusat Statistik mencatat perekonomian DKI Jakarta memasuki resesi seiring produk domestik bruto pada kuartal III 2020 yang kembali terkontraksi sebesar 3, 82% secara tahunan. Tingkat pengangguran terbuka ibu kota per Agustus meningkat menjadi 10, 95%, tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis BPS Provinsi DKI Jakarta, kontraksi perekonomian pada kuartal III 2020 lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencapai 8, 23%. Namun, tekanan perekonomian akibat pandemi Covid-19 selama dua kuartal ini berimplikasi pada daya beli masyarakat.

“Permintaan domestik seperti konsumsi rumah tangga dan investasi masih rendah dan belum menunjukkan perbaikan, ” tulis BPS Jakarta dalam berita resmi statistik yang dirilis, Kamis (5/11).

Kontraksi ekonomi pada kuartal III 2020 dibandingkan periode yang sama terjadi pada hampir seluruh komponen pengeluaran kecuali konsumsi pemerintah yang tumbuh melesat 57, 89%. Sementara konsumsi rumah tangga yang menjadi kontributor utama PDRB negatif 5, 28%.

Investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto negatif 8, 92, konsumsi LNPRT terkontraksi 8, …

Selengkapnya : Ekonomi Jakarta Resesi, Tingkat Pengangguran Paling Tinggi di RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *