Ternyata, 7 Aplikasi Ini Bikin Kuota Internet Cepat Habis!

 Pernahkah kalian para pengguna smartphone merasa baru saja membeli paket internet puluhan GB, tapi tak berselang lama tiba-tiba sudah habis tak berbekas?

Padahal kalian merasa tidak menggunakannya untuk aktivitas-aktivitas yang menyedot banyak kuota internet, seperti mengunduh game-game HD atau pun mengunduh film beresolusi tinggi.

Nah, jika kalian pernah mengalaminya, bisa jadi itu karena ada aplikasi-aplikasi di HP kalian yang membuat kuota internet cepat habis! Karena meski tidak dibuka sekalipun, aplikasi ini masih bisa mengonsumsi data dalam jumlah yang besar.

Apa saja sih aplikasi yang bikin kuota internet cepat habis tersebut?

Baca juga: Aplikasi Ini Bikin Kamera HP Bagaikan Kamera DSLR!

7 Aplikasi yang Bikin Kuota Internet Cepat Habis

1. Instagram

How to Upload Your Videos to Instagram from PC and Mobile
Foto: Shutterstock

Sebagai media sosial berbasis foto dan video, tentu Instagram lebih banyak memakan data daripada media sosial berbasis teks. Data kita bisa tersedot ketika video di Instagram diputar secara otomatis. Namun, Instagram memiliki pengaturan di mana kita bisa mencegah preloading video saat memakai koneksi seluler.

Caranya mudah, pertama, buka aplikasi Instagram lalu buka Profil > Pengaturan > Akun > Penggunaan Data Seluler. Lalu, hidupkan Penghemat Data dan Instagram akan memutar media beresolusi tinggi dengan WiFi saja, tidak dengan data seluler kita. Langkah kecil ini bisa menghemat paket data internet kita.

2. Facebook

Facebook admits using two-factor phone numbers to target ads | Engadget
Foto: Engadget

Siapa yang sekarang masih suka membuka Facebook? Meski jarang membuka Facebook, tetapi aplikasi ini bisa menyedot kuota internet lho! Apalagi, jika kita membuka media seperti foto dan video. Facebook bisa menyetel video secara otomatis (autoplay) dan membuat paket data kita terkuras.

Tenang, kamu bisa membatasi pemutaran video otomatis hanya untuk WiFi atau menonaktifkannya. Pertama, buka aplikasi Facebook, lalu ketuk ikon tiga garis di bagian kanan atas. Scroll ke bawah dan pilih Pengaturan > Pengaturan Akun > Video dan Foto > Autoplay. Setelahnya, pilih “On Wi-Fi Connections Only” atau “Never Autoplay Videos”.

3. Twitter

How to post a video on Twitter on desktop and mobile - Business Insider
Foto: Business Insider

Meski basisnya adalah media sosial berbasis teks dan cuitan singkat, kita juga bisa mengunggah foto dan video ke Twitter. Apabila sehari-harinya kamu menghabiskan banyak waktu di Twitter, lebih baik matikan autoplay video yang ada di pengaturannya. Lantas, bagaimana caranya?

Buka aplikasi Twitter dan pilih Pengaturan dan Privasi > Pemakaian Data. Di sini, kamu bisa memilih mencentang penghemat data agar video tidak akan diputar otomatis dan gambar berkualitas lebih rendah lah yang akan dimuat. Kamu juga bisa memilih apakah gambar berkualitas tinggi dan video akan diputar dengan WiFi atau paket data.

4. YouTube

YouTube Moves Navigation Bar in Android App Redesign | Digital Trends
Foto: Digital Trends

Kita semua tahu bahwa memutar video dari YouTube akan memakan banyak kuota internet. Menurut laman Canstar Blue, memutar video beresolusi 480p selama satu jam akan menghabiskan 264 MB data. Jika resolusi yang dipilih adalah 720p (HD) maka akan menguras 870 MB data dalam sejam dan 1080p (Full HD) akan memakan 1,65 GB data!

Untuk mencegah agar tidak boros data, buka YouTube lalu ketuk profil di sudut kanan atas. Setelahnya, pilih Pengaturan > Umum > Batasi Penggunaan Kuota Seluler. Selanjutnya, geser slide menjadi On dan kita akan melakukan streaming video HD lewat WiFi saja. Dengan ini, YouTube tidak akan memakan banyak data seperti sebelumnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Instagram

5. Spotify

What Is Spotify And How Does It Work?
Foto: Lifewire

Hobi mendengarkan musik di Spotify setiap saat, namun tidak ingin boros paket internet? Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat data, yakni dengan membuat album tersedia secara offline. Hal ini bisa dilakukan jika kamu adalah pelanggan Spotify Premium.

Di sini, kita bisa mengunduh album dan daftar putar untuk menghindari streaming melalui koneksi seluler. Caranya, saat melihat album atau daftar putar, ketuk Download untuk menambahkan trek ke gadget sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan streaming. Boros atau tidaknya paket data juga bergantung pada kualitas streaming yang kita pilih.

6. Netflix

Netflix improves the streaming experience on Android devices - PhoneArena
Foto: PhoneArena

Biasanya, kita menonton Netflix lewat laptop atau PC dengan koneksi internet melalui WiFi. Namun, ada kalanya kita ingin melanjutkan menonton dengan smartphone, apalagi jika kamu sedang ingin menonton series yang kamu ikuti. Saat menonton di smartphone, kamu bisa menurunkan kualitas video agar tidak boros kuota.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Netflix, lalu ketuk tombol tiga garis di bagian kiri atas. Scroll ke bawah dan pilih Pengaturan Aplikasi > Penggunaan Data Seluler. Matikan set otomatis dan pilih kualitas streaming sedang atau rendah ketika memakai mode seluler. Kamu bisa menonton 4 jam dan hanya menghabiskan 1 GB saja!

7. TikTok

TikTok may be leaking people's data from the US to China | New Scientist
Foto: New Scientist

Aplikasi yang beberapa tahun belakangan ini mulai naik daun, TikTok, rupanya cukup banyak menguras kuota internet. Bagaimana tidak? Aplikasi media sosial berbasis video pendek tersebut seringkali menampilkan video-video berkualitas tinggi yang tentu saja memakan kuota internet yang banyak pula.

Solusinya jika tidak ingin boros kuota internet menggunakan TikTok, kalian bisa mengaktifkan fitur Data Saver. Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengontrol penggunaan kuota meskipun tidak secara spesifik bisa dipakai untuk memangkas kuota. Tap ikon profil paling kanan, kemudian tap menu Privacy and Settings lalu tap Data Saver.

Baca juga: Cara Menghilangkan Watermark TikTok Tanpa Aplikasi

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *