5 Ide Bisnis yang Cocok Digeluti oleh Pelajar

Foto: IDN Times Jabar

Tekonologi.id – Bisinis bisa dijalankan oleh siapa saja. Tua, muda, pengusaha yang berpengalaman, bahkan pelajar sekalipun bisa menjalankan bisnis.

Nah, buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah dan ingin mulai berbisnis atau sekadar mencari usaha sampingan untuk tambahan uang jajan, berikut ini Teknologi.id rekomendasikan 5 ide bisnis yang cocok digeluti oleh pelajar.

5 Ide Bisnis yang Cocok Digeluti oleh Pelajar

1. Usaha Jajanan atau Makanan Ringan

Foto: BP Guide

Bisnis yang banyak digeluti oleh pelajar ini cukup menjanjikan. Kamu cukup menawarkan makanan ringan ke teman-temanmu di kelas atau di sekolah. Kamu juga tidak perlu memproduksi makanan ringan ini, kamu bisa menjadi reseller.

Reseller adalah orang yang membeli barang dari agen untuk dijual lagi. Walaupun tidak memerlukan modal yang besar, usaha ini memang membutuhkan konsistensi yang tinggi. Tapi kamu jangan khawatir, untung yang didapatkan cukup untuk menambah uang jajanmu sehari-hari.

2. Usaha Isi Pulsa, Token, atau Saldo E-Wallet

Foto: Pulsa Murah

Banyaknya jasa e-wallet saat ini bisa dijadikan lahan bisnis untuk kamu yang masih bersekolah. Selain mudah, jasa isi pulsa, token, dan saldo e-wallet juga banyak dicari orang di era digital ini.

Kamu cukup mendaftarkan diri kamu ke agen pulsa, siapkan handphone, data diri, nomor rekening, dan uang pendaftaran. Setelah itu, kamu bisa melakukan promosi melalui teman-temanmu, media sosial, atau platform marketplace.

Baca Juga: Server Berkonsep Pay As You Grow Menarik Startup Indonesia

3. Jasa Ketik dan Edit

Foto: Medium

Kalau kamu punya kemampuan mengetik dengan cepat, kamu bisa jadikan jasa ketik sebagai sumber penghasilan sampinganmu. Selain itu, jasa edit tulisan juga banyak diburu terutama bagi kalangan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Usaha ini juga tidak memerlukan banyak modal. Kamu cukup siapkan laptop atau komputer berikut juga internetmu, dan kamu bisa mempromosikan jasamu di media sosial atau internet.

4. Content Creator

Foto: Camera House

Saat ini, banyak wadah untuk mengekspresikan bakat atau karyamu, misalnya YouTube atau Blog. Kamu bisa memulai channel YouTube-mu untuk berbagi ilmu ataupun informasi. Kalau kamu suka makeup, kamu bisa menjadi Beauty Vlogger atau kamu bisa menulis ulasan tentang produk-produk kecantikan di Blog.

Jika kamu konsisten menekuni pekerjaan ini, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan dari AdSense, yaitu iklan yang ada di internet. Terlebih lagi apabila konten yang kamu sajikan menarik, kamu bisa mendapat endorsement dari brand lain. 

5. Bisnis Thrift Shop

Foto: Woop.id

Usaha ini sedang marak diperbincangkan oleh banyak orang. Kembalinya style ala vintage, menjadikan baju-baju bekas layak pakai banyak diincar. Baju yang dijual pun tidak kalah kualitasnya dengan baju yang baru.

Kamu bisa memulai usaha ini dengan membongkar isi lemarimu, cari pakaian yang sudah tidak ingin kamu pakai namun masih bagus kualitasnya. Selain itu, kamu bisa membeli pakaian bekas layak pakai di pasar loak. Di sana, baju bekas dijual dengan harga yang miring.

Setelah itu, kamu bisa melakukan sesi photoshoot dengan memakai baju yang kamu dapatkan untuk dijual. Kalau baju tersebut kamu dapatkan dari pasar loak, kamu bisa mencucinya terlebih dahulu.

Cara mempromosikannya pun sama seperti yang lain, yaitu melalui media sosial atau marketplace. Setelah menetapkan harga yang ramah di kantong, kamu bisa memulai bisnis thrift shop-mu.

(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *