Film-film Thriller Psikologis yang Menegangkan

Film merupakan suatu hiburan bagi orang-orang untuk bisa terlepas dari penat dan kesibukan yang mereka jalani sepanjang hari.

Genre film pun bermacam-macam, mulai film dari genre komedi agar dapat tertawa lepas, genre romansa dan keluarga untuk menghangatkan hati, sampai genre fantasi dan petualangan bagi para penyuka imajinasi dan tantangan.

Namun, ada juga yang memilih menonton film yang justru mengharuskan mereka memutar otak selama diputarnya film. Hal tersebut merupakan hiburan tersendiri bagi mereka, terutama ketika berhasil memecahkan misteri yang ada. Salah satu genre yang membuat penontonnya berpikir adalah thriller psikologis.

Thriller psikologis berhubungan dengan narasi psikologis dalam suasana menegangkan. Genre ini sering diceritakan melalui sudut pandang karakter yang tertekan secara psikologis, mengungkapkan persepsi mental mereka yang terdistorsi. Thriller psikologis sering kali memasukkan unsur paranoid, drama, misteri, dan aksi.

Nah, bagi kalian penyuka film bergenre thriller psikologis, Teknologi.id sudah merangkum beberapa film bergenre thriller psikologis yang menegangkan, yang pastinya sayang untuk kalian lewatkan. Apa saja?

Baca juga : DFX Indonesia Luncurkan Sistem Monitoring Bursa Aset Crypto

Daftar Film Thriller Psikologis yang Menegangkan
1. Memento (2001)

“Memento” disutradarai serta ditulis naskahnya oleh Christopher Nolan, dan diproduksi oleh Suzanne dan Jennifer Todd. 

Karakter utamanya bernama Leonard Shelby, dia adalah pria yang menderita amnesia anterograde (ketidakmampuan untuk membentuk ingatan baru) akibat dari cedera. Leonard selalu kehilangan ingatan jangka pendek setiap lima belas menit.

Plot film ini menceritakan Leonard mencari orang-orang yang menyerangnya dan membunuh istrinya. Dengan amnesia anterograde, Leonard menggunakan foto serta tato untuk melacak informasi yang tidak dapat dia ingat nanti.

Film ini disajikan dengan dua rangkaian adegan berbeda yang diselingi selama film berlangsung. Rangkaian pertama adalah hitam-putih yang ditampilkan secara kronologis, dan rangkaian kedua adalah rangkaian warna yang ditampilkan dalam urutan terbalik (mensimulasikan keadaan mental protagonis kepada penonton). Kedua urutan bertemu di akhir film, menghasilkan satu narasi yang lengkap dan kohesif.

Berikut adalah trailer resmi dari “Memento”.


2. The Machinist (2004)

“The Machinist” disutradarai oleh Brad Anderson dan ditulis naskahnya oleh Scott Kosar. Film ini dibintangi oleh Christian Bale, di mana dia memerankan seorang masinis bernama Trevor Reznik.

Trevor memiliki insomnia dan masalah psikologis yang menyebabkan kecelakaan serius di tempat kerja. Kecelakaan tersebut melibatkan rekan kerjanya, hingga akhirnya dia dipecat. Setelah dipecat, Trevor mengalami delusi, rasa bersalah, dan paranoid.

Berikut adalah trailer resmi dari “The Machinist”.


3. Taxi Driver (1975)

“Taxi Driver” disutradarai oleh Martin Scorsese dan ditulis naskahnya oleh Paul Scrader. Film yang dibintangi oleh Robert De Niro serta Jodie Foster ini berlatar di New York City yang secara moral sudah rusak setelah Perang Vietnam.

Film ini menceritakan Travis Bickle yang diperani oleh Robert De Niro, dia adalah seorang sopir taksi kesepian yang jatuh ke dalam kegilaan. Travis berencana untuk membunuh kedua kandidat presiden untuk wanita yang dia gila-gilai.

Wanita tersebut adalah seorang sukarelawan kampanye untuk senator dan calon presiden Charles Palantine. Travis juga berteman dengan pelacur di bawah umur, karakter yang diperani oleh Jodie Foster.

“Taxi Driver” dianggap sebagai salah satu film terhebat sepanjang masa, walaupun ada kontroversi pada saat dirilis karena penggambaran kekerasan dan Jodie Foster yang saat itu berusia 13 tahun memainkan pelacur anak. Film ini membuat John Hinckley Jr. mencoba untuk membunuh Presiden Ronald Reagan di tahun 1981. Hinckley menyatakan kalau dia melakukan itu untuk membuat Jodie Foster terkesan kepadanya.

Berikut adalah trailer resmi dari “Taxi Driver”.


Baca juga : Dapat Restu Kominfo, PlayStation 5 Segera Hadir di Indonesia

4. Black Swan (2010)

“Black Swan” disutradarai oleh Darren Aronofsky, naskahnya ditulis oleh Mark Heyman, John McLaughlin, dan Andres Heinz, berdasarkan cerita asli oleh Heinz.

Plotnya menceritakan tentang produksi balet Swan Lake yang dibuat oleh Tchaikovsky, produksi tersebut dilakukan oleh perusahaan New York City Ballet.

Produksi ini membutuhkan balerina untuk memainkan “White Swan” yang lugu dan rapuh, di mana penari berkomitmen bernama Nina sangat cocok. Lalu dibutuhkan juga “Black Swan” yang gelap dan sensual, di mana saingan baru Nina, yaitu Lily sangat cocok.

Nina diliputi oleh perasaan tertekan yang luar biasa ketika dia mendapati dirinya bersaing untuk bagian “Black Swan”, menyebabkan dia jatuh ke dalam kegilaan.

Berikut adalah trailer resmi dari “Black Swan”.


5. The Silence of the Lambs (1991)

“The Silence of the Lambs” disutradarai oleh Jonathan Demme dan ditulis naskahnya oleh Ted Tally. Film ini diadaptasi dari novel Thomas Harris dengan judul yang sama pada tahun 1988.

Film ini dibintangi oleh Jodie Foster sebagai Clarice Starling, seorang peserta pelatihan FBI muda yang memburu pembunuh berantai. Pembunuh tersebut dijuluki sebagai “Buffalo Bill”, yang menguliti korban wanitanya.

Untuk menangkap pembunuh tersebut, Clarice meminta nasihat dari Dr. Hannibal Lecter yang dipenjara. Dia merupakan seorang psikiater brilian dan pembunuh berantai kanibalistik.

Berikut adalah trailer resmi dari “The Silence of the Lambs”.


Baca juga : Modul Kamera iPhone 12 Sulit Direparasi oleh Pihak Ketiga


(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *