Jakarta dan Jateng Naikkan UMP 2021 Sesuai PP, 18 Daerah Ikuti Menaker

MENAKER TINJAU PELATIHAN KERJA

Tiga provinsi di pulau Jawa kompak menaikkan upah minimum provinsi (UMP) untuk tahun 2021. Ketiga provinsi tersebut yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan besaran UMP 2021 sebesar Rp 4.416.816 atau naik 3, 27% dibandingkan tahun ini. Namun kenaikan ini hanya berlaku bagi perusahaan yang tidak terkena dampak Covid-19.

“Jumlah tersebut mempertimbangkan nilai produk domestik bruto (PDB) dan inflasi nasional. Kenaikan UMP adalah sebesar 3, 27% sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, ” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melalui keterangan tertulis, Minggu (1/11).

Anies menegaskan penetapan UMP hanya berlaku pada sektor usaha di ibu kota yang tidak terkena dampak pandemi corona. Sedangkan bagi sektor yang terdampak Covid-19, UMP diputuskan tidak mengalami kenaikan, yakni sebesar Rp 4.276, 349.

Keputusan tersebut merupakan kebijakan asimetris Pemprov DKI untuk mengakomodasi kepentingan sektor usaha yang saat ini terkena dampak pandemi.

“Masa …

Selengkapnya : Jakarta dan Jateng Naikkan UMP 2021 Sesuai PP, 18 Daerah Ikuti Menaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *