Cara Pindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD Terbaru 2020

 Umumnya saat ini smartphone yang tidak dilengkapi slot penyimpanan eksternal sudah mendapatkan kapasitas penyimpanan internal yang sangat besar, namun bagi smartphone yang disediakan slot penyimpanan eksternal, kebanyakan penggunanya lebih memilih untuk menggunakan kartu SD agar bisa meningkatkan kapasitas penyimpanannya menjadi berkali lipat dari penyimpanan internalnya.

Selain untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan smartphone, penggunaan kartu SD juga menjadi solusi terbaik agar smartphone tidak gampang lemot performanya. Kok bisa?

Itu karena default penyimpanan di smartphone biasanya diatur otomatis masuk ke penyimpanan internal, seperti aplikasi-aplikasi yang diunduh, data-data aplikasi, file media, file unduhan, cache dan file sampah lainnya, hingga membuat penyimpanan internal penuh dan mengakibatkan performa smartphone menurun.

Nah, agar penyimpanan internal tidak mudah penuh, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kalian bisa memindahkan data dari penyimpanan internal ke kartu SD, bisa juga hanya memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD, atau pun sepenuhnya memindahkan default penyimpanan ke kartu SD. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini untuk cara pindahkan penyimpanan internal ke kartu SD terbaru 2020.

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Memori Android yang Kepenuhan

Cara Pindahkan Data di Penyimpanan Internal ke Kartu SD

Best Android file managers: top 9 for exploring your phone | NextPit
Foto: AndroidPIT

Cara memindahkan data di penyimpanan internal ke kartu SD sangat mudah dilakukan, begini caranya:

1. Buka ‘File Manager’, lalu pilih opsi Phone Storage.

2. Buka folder tempat data-data yang ingin kamu pindah tersimpan.

3. Tandai file yang akan dipindahkan dari memori internal ke kartu SD. Setelah memilih data atau file yang diinginkan, klik opsi Cut di paling bawah layar. Jika ingin memindahkan semuanya, pilih opsi ‘Select All’ di pojok kiri atas layar.

4. Kembali ke menu awal File Manager, tetapi kali ini pilih opsi SD Card, lalu buka folder tempat kalian ingin memindahkan file tadi.

5. Pindahkan file, pilih opsi Paste yang berada di bagian bawah layar.

6. Selesai!

Baca juga: 4 Langkah Mudah Agar Chrome Lebih Irit Memori

Cara Pindahkan Aplikasi dari Penyimpanan Internal ke Kartu SD

Cara memindahkan aplikasi di penyimpanan internal ke kartu SD bisa dilakukan melalui menu Application Manager. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke menu ‘Settings’, lalu klik Apps. Di beberapa smartphone, pilihan ini bisa saja tertulis Applications atau App Management.

Foto: Tom’s Guide

2. Pilih aplikasi yang akan dipindahkan.

Foto: Tom’s Guide

3. Klik menu ‘Storage’.

Foto: Tom’s Guide

4. Klik ‘Change’. Pilih opsi Transcend SD Card untuk memindahkan aplikasimu ke kartu SD.

Foto: Tom’s Guide

5. Dalam tahap ini, opsi Change hanya akan muncul jika aplikasi yang kamu pilih bisa dipindahkan ke kartu SD. Jika kamu tidak menemukan opsi Change, berarti aplikasimu tidak bisa dipindahkan, atau smartphone kamu tidak bisa melakukan prosedur ini.

6. Klik ‘Move’. Aplikasi akan dipindahkan ke kartu SD!

Foto: Tom’s Guide

Apabila kamu ingin memindahkannya kembali ke memori internal, kamu bisa ulangi langkah-langkah sebelumnya dan klik pilihan Change lagi, dan pilih Internal Storage.

Cara Pindahkan Default Penyimpanan Internal ke Kartu SD

Cara memindahkan default penyimpanan utama ke kartu SD ini bernama Adoptable Storage dan pertama kali diperkenalkan di Android Marshmallow.

Untuk melakukan pemindahan, kalian akan harus memformat kartu SD terlebih dahulu, jadi pastikan data-datanya sudah kalian back-up.

Selain itu, yang perlu diingat, jangan pernah melepas kartu SD dari smartphone kalian setelah proses ini dilakukan, karena akan mengacaukan fungsi aplikasi dan konten-konten di smartphone kalian. 

Berikut ini cara pindahkan penyimpanan internal ke kartu SD:

1. Buka menu ‘Settings’.

Foto: Tom’s Guide

2. Pilih menu ‘Storage’.

Foto: Tom’s Guide

3. Pilih kartu SD yang mau dijadikan storage internal.

Foto: Tom’s Guide

4. Klik menu di pojok kanan atas.

Foto: Tom’s Guide

5. Pilih opsi ‘Storage Settings’.

Foto: Tom’s Guide

6. Klik Format as ‘Internal’.

Foto: Tom’s Guide

7. Pilih ‘Erase & Format’.

Foto: Tom’s Guide

8. Klik ‘Move Now’. Setelah memilih, klik ‘Next’ dan kamu akan memulai transfer ke kartu SD.

Foto: Tom’s Guide

9. Jika layar smartphone-mu menunjukkan kartu SD sudah siap, klik ‘Done’. Nah, sekarang kartu SD akan terdaftar di bawah Internal Storage dan sistem akan mulai menggunakannya sebagai penyimpanan internal tambahan.

Foto: Tom’s Guide

Itulah tadi cara memindahkan file dan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD, sekaligus memindahkan default penyimpanan internal ke kartu SD. Bagaimana, mudah bukan?

Baca juga: Cara Menemukan Chrome Extension yang Memakan Banyak Memori

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *