Google Hapus 3 Aplikasi Anak-anak Populer, Kenapa ?

Google telah menghapus tiga aplikasi anak dari Play Store setelah International Digital Accountability Council (IDAC) mengidentifikasi adanya pelanggaran pada data yang telah dikumpulkan. Tiga aplikasi yang telah dihapus adalah Princess Salon, Number Coloring, dan Cats & Cosplay. Ketiga aplikasi ini tercatat memiliki lebih dari 20 juta unduhan.

IDAC melaporkan bahwa aplikasi ini tidak melanggar pedoman apa pun yang terkait kode etik. Namun, ada masalah yang ditemukan dalam kerangka kerja pada aplikasi yang telah memberdayakan SDK dari Unity, Umeng, dan Appodeal.

Baca Juga : Cara Belajar Bahasa Inggris Pakai Google Translate

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa aplikasi yang dirujuk dalam laporan tersebut telah dihapus. Setiap kali kami menemukan aplikasi yang melanggar kebijakan kami, kami mengambil tindakan, “kata seorang juru bicara Google, dilansir dari TechCrunch.

IDAC menyatakan bahwa ada masalah yang ditemukan dalam praktik pengumpulan data oleh tiga perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) yang digunakan dalam aplikasi tersebut. Tiga SDK yang digunakan dalam aplikasi tersebut dilaporkan tidak sesuai dengan kebijakan Google Play yang lebih luas terkait pengumpulan data.

Versi tertentu dari SDK Unity mengumpulkan AAID pengguna dan ID Android secara bersamaan. Ini bertentangan dengan kebijakan privasi Google dan bisa saja memungkinkan pengembang untuk melewati kontrol privasi dan melacak pengguna dari waktu ke waktu pada seluruh perangkat.

AAID adalah ID unik Android yang digunakan untuk periklanan dan tidak seperti pengenal unik Android lainnya; pengguna memiliki kemampuan untuk menyetel ulang AAID mereka. Namun, ketika AAID ditautkan, atau dihubungkan dengan ID Android yang tidak dapat disetel ulang, ini memungkinkan perusahaan untuk melacak pengguna,”IDAC menjelaskan dalam website resminya.

Insiden ini disorot pada saat banyak perhatian sedang difokuskan pada Google. Dalam kesempatan apa pun, tidak ada pelanggaran yang teridentifikasi pada laporan IDAC, juga tidak ada informasi khusus yang dibagikan tentang seberapa banyak informasi yang disusupi oleh aplikasi ini. Namun dengan adanya peringatan ini, dapat menunjukkan sifat canggih dari program perangkat lunak dan potensi bahaya yang dikhawatirkan.

Baca Juga : Google Docs Capai 1 Miliar Kali Unduhan di Play Store

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *