Wapres Sebut Indonesia hanya Jadi 'Tukang' Stempel Produk Halal Dunia

Peluncuran Buku The Maruf Amin Way

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Namun, Indonesia hanya menjadi konsumen dan pemberi sertifikat produk halal global. 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan jumlah penduduk muslim di Indonesia saat ini mencapai 87% dari total penduduk Indonesia yang mencapai 267 juta jiwa. Total belanja produk halal Indonesia pada 2018 pun mencapai US$ 214 miliar atau mencapai 10% dari pangsa halal dunia. 

Angka tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan negara-negara mayoritas muslim lainnya Selain itu, Indonesia hanya memposisisikan diri sebagai pemberi sertifikasi halal untuk produk-produk impor. 

Hingga saat ini, ada 50 lembaga sertifikasi halal dunia yang mendapat endorsment dari Indonesia. “Indonesia hanya sebagai konsumen dan tukang stempel untuk mengesahkan produk-produk halal di dunia, ” ujar Ma’ruf dalam Webinar Strategi Nasional – Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia pada Sabtu (24/10). 

Padahal, pasar produk halal global memiliki potensi besar. Pada 2018, produksi produk halal dunia mencapai US$ 2, 2 miliar dan akan terus berkembang hingga US$ 3, 2 miliar pada …

Selengkapnya : Wapres Sebut Indonesia hanya Jadi ‘Tukang’ Stempel Produk Halal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *